Kakidekil’s Weblog

July 28, 2008

Disfungsi Ereksi Pada Diabetes Melitus

Filed under: science — kakidekil @ 5:22 am

DM merupakan salah satu penyakit kronik tersering di Amerika, terjadi pada 7,8% orang dewasa berumur 20 tahun atau yang lebih tua.di Indonesia sendiri diperkirakan pada tahun 2003 terdapat 13,7 juta penderita diabetes mellitus (perkeni, 2006)

Disfungsi ereksi (DE)/erectile dysfunction (ED) adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan atau menjaga ereksi yang cukup untuk mencapai kepuasan dalam berhubungan seksual (NIH Consensus Conference, 1993). Ereksi penis adalah suatu proses neurovaskular kompleks yang meliputi relaksasi dari otot polos korpus kavernosus dikombinasikan dengan peningkatan aliran darah arteri ke penis dan pembatasan aliran darah keluar dari penis melalui vena (Musicki  B and Burnett AL, 2006).

            DE merupakan masalah yang telah lama menjadi bahan pembicaraan, terungkap dari data Massachusets Male Aging Study (MMAS), 152 juta pria di dunia diperkirakan menderita gangguan keperkasaannya (impotensi). Angka itu diperkirakan akan membengkak pada 2025 menjadi 322 juta penderita impotensi. Sebanyak 100 juta di antaranya pria di Asia (Anonim, 2004).

Laki – laki yang mengalami ED ini kemungkinan besar akan mengalami masalah dalam kehidupannya sehari – hari. Jika dikaitkan dengan kehidupan masyarakat di Bali masalah ini dapat berupa kesulitan untuk medapatkan keturunan, dimana dalam masyarakat Bali keturunan tertama laki – laki menjadi sangat penting. Selain itu secara psikologis, laki –laki yang menderita ED akan merasa kalau dirinya sudah tidak mampu untuk memberikan kebahagiaan kepada pasangan seksualnya. Hal ini secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi kehidupan penderita ED tersebut.

DM  merupakan salah satu faktor resiko utama terjadiya ED  (Musicki  B and Burnett AL, 2006). Pada penelitian oleh Newman dan Marcus (1985) dalam Agarwal A et al.(2006), ED ini terjadi lebih sering pada laki-laki yang menderita DM dibandingkan dengan populasi umum. Dimana sekitar 75 persen laki – laki yang dengan diabetes mengalami ED, yang terjadi pada usia yang lebih muda.

 Tingginya prevalensi penderita DM di Bali yang dapat di lihat dari jumlah penderita diabetes melitus yang berkunjung ke RSUP Sanglah Denpasar, secara langsung akan meningkatkan prevalensi penderita ED di Bali. Penelitian ini dilakukan karena belum adanya data tentang berapa orang penderita DM yang mengalami ED di Bali.

CINTA SEJATI YANG USANG,

Filed under: my self — kakidekil @ 5:18 am

Dwija Sanjaya

 

Aku ingin…

menjadi seseorang yang bisa mengatakn ,

bahwa kau… adalah milikku

Kan kuberi dirimu kasih dalam hangatnya pelukanku,

kemudian kan ku tunjukkan pada dunia,

siapakah kita…

Bersamamu, kan ku ukir ribuan prasasti

tentang kisah kita berdua

tapi, jika itu bukan cara yang kau sukai,

biarkan kumengukir namamu di hati ini

Jadikan diriku orang yang kan menjawab pertanyaan

“kenapa?”

Dan berikan aku tempat dihatimu, walau sejengkal…

Sebenarnya,

ingin ku lupakan namamu dalam tiap renungku

Apa dayaku, dalam tiap relung hatiku

yang ada hanya kenangan tentangmu

Setiap saat kudengar  hati ini berbisik lirih

“inginkan dirimu disini walau sejenak”

Sebelum kau ludahi wajahku,

Dan mencampakkanku dalam kehampaan hidup

June 9, 2008

klafus

Filed under: awal,my self — kakidekil @ 3:14 pm

6 JUNI 2008

Klafus, entah benar atau ga ditulisnya seperti itu. Aku ga taw..tapi kata salah seorang dokter di poliklinik bedah RS Sanglah terjadi karena tekanan dan iritasi pada kulit.

Awalnya sie aku merasa seperti ada yang tebal dan menusuk-nusuk di kaki. Aku kira itu akibat sengatan lebah yang dulu.eh ternyata koq ga ilang-ilang. Karena agak bingung akhirnya kutanyakan pada dr. Sutarsa,temanq sekaligus koordinator di Kisara dimana aku sering nongkrong, tentang kakiku. Setelah diamati beberapa detik dan sedikit sentuhan aku “didiagnosis” klafus dan sebaiknya diangkat alias dioperasi..

Dua hari berselang, aku diantar ucup ke poli Bedah RS Sanglah untuk operasi. Singkat cerita, karena ingin dapat pengobatan gratis, aku dan Ucup langsung main “selonong boy” aja ke dalam dan konsul ma dokter disana. Eh, ternyata disuruh daftar dulu. Setelah daftar dan sedikit kompromi dengan petugas rekam medis loket, aku balik lagi ke poli Bedah. Disana aku bertemu Eplek (thank’s udah ngankat klafusku) teman sekampung yang coass disana. Dia “membuka jalan menuju gratis” padaku.

Dalam waktu kurang dari lima menit aku sudah terbaring di tempat tidur ruang bedah dan siap dilakukan tindakan medis. Untungnya peraat disana (“Niyang”, thank’s udah nyiapan ruangan operasinya ) baik bangetz..dan tibalah saatnya kakiku dibius dengan lidocain. GILA, waktu disuntik sakit banget.kayak jarum itu nyampe ke tulang.

Setelah disuntik, tidak ada lagi yang dapat kurasakan. Hanya sedikit darah yang keluar dari kakidekil ku..10 menit berikutnya aku sudah siap untuk pulang (tentunya setelah ngucapin terima kasih buat semua orang yangsudah ngebantu, 4 orang coass dan 1perawat).

Sekarang, 14jam pasca operasi kakiku sedang senut-senut menahan sakitnya luka kakiku..buat diriku sendiri “SEMOGA CEPAT SEMBUH”

Jadi Juri

Filed under: jalan-jalan — kakidekil @ 1:51 pm

Tangal 4 Juni 2008, aku sebagai relawan Kisara kebagian jatah tugas jadi juri pada suatu jambore yang diikuti siswa SMP dan SMA se Bali. Aku berangkat pukul 14.00 dan setelah kedinginan dijalan akhirnya dengan perasaan lapar nyampe juga di tujuan.

Setelah dengan segenap kemampuan menilai layaknya juri “professional” akhirnya tiba juga waktu istirahat dan yang ditunggu-tunggu… Makaannn.. tapi yang paling membuat kesal hari itu adalahjatah makanan yang kurang. Aku dan temanku yang datang sebagai juri undangan bahkan tidak mendapatkan jatah makan..bayangkan!!!udah kedinginan, disuruh kerja, trus ga dikasi makan..

Tapi sepertinya Tuhan masih sedikit berpihak kepada kami, disana ada teman-teman dari LSM lain yang sudah “lebih siap” mengantisipasi kemungkinan adanya ketidakberesan dalam kepanitiaan tersebut..mereka yang juga hari itu bertugas sebagai juri telah sedia paying sebelum hujan dengan membawa makanan dalam jumlah yang cukup. Akhirna rasa tidak enak juga yan menyebabkan aku dan temanku keluar mencari makanan..cliinnnnkkkkk…ketemu dagang bakso..dan kitapun beli bakso. Dasar lagi apes bakso yang kita beli sepertinya sudah basi, panter aja jam 8 malam lebih masih ada dagang bakso..

Kuputuskan juga untuk tidak memakan bakso itu karena tidak enak di lidah, sepertinya juga aku bakal mencret dah kalo ku makan..( ya Tuhan, ampunilah dosa orang yang sudah sangat tidak menghargai kami dengan tidak memberikan makan pada saat jambore…)

Apesnya lagi, masih ada 1 lomba lagi yang mesti ku nilai..udah ga dikasi makan.disuruh kerja lembur pula..aku nilai juga lomba paduan suara tersebut dengan “sepenuh hati”..terserah dah ahsilnya bagaimana..maw yang jelek menang atau yang bagus kalah aku ga peduli!!!pokoknya hari ini aku sangat kecewa dan benar-benar merasa tidak dihargai.

Tapi pesanku “sebagai relawan selalu ada suka dan duka, yang terpenting jangan sampai jiwa kerelawanan kita tercemar . apalagi saat kita membawa nama LSMkita bernaung”

Nenek di Pingir Jalan

Filed under: jalan-jalan — kakidekil @ 1:40 pm
Tags:

By : Yamada

Entah bagaimana beratnya hidup yang dialami saat kulihat seorang ibu paruh baya duduk di pinggir jalan menunggui barang dagangannya yang tidak seberapa banyaknya. Ibu itu hanya diamdan beberapa kali meludah ke samping. Apa dia memikirakn sepinya malam atau sedang merenung kenapa dagangannya tidak selaris orang sebelah. Bahkan akupun yang sedari tadi punya perasaan iba akan dirinya tidak belanja disana. Maklumlah, aku sedang lapar dan ingin sepiring nasi goring yang tidak dijual ibu itu..

Sejenak aku teringat ibu ku di rumah yang uga berjualan dengan dagangan yang tidak seberapa juga, tapi sedikit lebih beruntun karena tidak perlu menunggu malam untuk berjualan. Apalagi harus memindahkan barang dagangan setelah selesai dan sedikit lebih laris tentunya. Paling tidak itu dari kacamataku.

Kembali lagi ke kisahku tadi..ku merasa semakin iba saat mendengar cerita kalau belakangan ini cukup sepi. Melihat yang dijual hanya air mineral, teh botol dan beberapa rokok, pikirku siapa sih yang malam-malam datang ke tempat yang gelap hanya untuk beli sebatang rokok ? Ada saja sih, tapi itu kalau yang jualan disana masih muda dan berwajah lumayan. Kalau seorang ibu paruh baya ?

Akhirnya aku pergijuga dari sana..tapi sebelumnya aku sempat berdoa semoga ada orang baik yang mau menghabisakan beberapa rupiah uangnya berbelanja.

June 1, 2008

Bingung Ng’Blog

Filed under: awal,my self — kakidekil @ 9:23 am
Tags: , ,

Aku sedang bingung bangetz gimana caranya bikin blog. Nie kali pertama aku main-main dengan blog…

welcome to my BLOG…..!!!!!

red ribbon

kisara yang ngajarin…disini kita semua bingung (kecuali “aku”). tapi masih sempat buat liat situs lain koq

Blog at WordPress.com.